Komunikasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Motivasi dan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9297Abstract
Dasar dari perkembangan modern yang terjadi saat ini adalah pendidikan. Salah satu peningkatan dalam dunia pendidikan adalah peran guru. Peran guru sangat penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pada saat melakukan pekerjaannya, guru akan termotivasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Motivasi guru merupakan dorongan untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan profesionalitas seorang guru. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis peran komunikasi kerja dan gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di salah satu sekolah swasta di Kota Malang dengan jumlah sampel sebanyak 62 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi kerja memiliki peran positif yang signifikan dalam membentuk motivasi guru. Hal yang sama juga terjadi pada gaya kepemimpinan kepala sekolah yang sangat berperan dalam pembentukan motivasi kerja guru.Downloads
Published
2022-12-09
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M. Sukron Djazilan, Didit Darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).