Improving the Eighth Grade Students’ Reading Ability through the Application of Content Based Instruction (CBI) Approach

Authors

  • Evi Naviri Universitas PGRI Palembang
  • Baginda Simaibang Universitas PGRI Palembang
  • Mulyadi Mulyadi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.9236

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan Content Based Instruction Approach dapat meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Indralaya Selatan Ogan Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Data tentang kemampuan membaca siswa dikumpulkan melalui latihan membaca, membaca teks dan observasi. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I sebesar 67,50, siklus II sebesar 73,78, dan siklus III meningkat menjadi 82,71 siswa yang menunjukkan sikap positif dalam proses belajar mengajar dengan pendekatan Content Based Instruction (CBI) pada siklus terakhir. Setelah dilakukan perhitungan ditemukan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat secara signifikan setelah menggunakan pendekatan Content Based Instruction (CBI). Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Content Based Instruction (CBI) efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca dan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-12-21