Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Ita Pratiwi Simangunsong Universitas Negeri Medan
  • Ika Trisni Simangunsong Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8894

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Persamaan Linear Satu Variabel menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas VII-7 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa rendah dengan nilai rata-rata kelas VII-7 adalah 48,33. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 76 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 21 orang (70%). Setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 81,33 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 26 orang (86,67%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-29