Analisis Deskriptif Tingkat Kemampuan Literasi Digital pada Pembelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8785Abstract
Pembelajaran pada masa kini menekankan kepada kemampuan peserta didik untuk dapat berpikir kritis, menghubungkan materi pembelajaran dengan keadaan sekitar yang relevan dan menguasai teknologi informasi, komunikasi serta kolaborasi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kemampuan literasi digital peserta didik dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI MIPA SMA 2 Adabiah Padang yang berjumlah 5 kelas dengan 177 peserta didik. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara membagikan angket kepada peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada aspek functional skill and beyond, creativity, collaboration menunjukkan hasil dengan kriteria “Cukup Baik” dan pada 5 aspek literasi digital yang lain menunjukkan nilai dengan kriteria “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital peserta didik kelas XI MIPA SMA Adabiah 2 padang berada pada kriteria “Baik”.Downloads
Published
2022-11-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maulidin Ahmad Jamil, Sa'diatul Fuadiyah, Helendra Helendra, Rahmawati Darussyamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).