Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Berbasis Gamification terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

  • Firta Ayu Wahyuni Universitas PGRI Palembang
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang
  • Ali Fakhrudin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Teaching and Learning berbasis Gamification terhadap minat belajar pada siswa materi IPS kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sungai Selan dengan sampel kelas VA dan VB sebanyak 43 siswa yang diambil dengan teknik Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk angket yang terdiri dari 20 soal yang mencakup pada materi IPS. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Data dianalisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Analisis data hasil angket dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh pada minat belajar pada siswa materi IPS rata-rata kelas kontrol 22,8309 sedangkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning rata-rata nilai kelas ekperimen 60,4818. Berdasarkan data tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching and Larning efektif terhadap minat belajar siswa di SD 12 Sungai Selan.

Downloads

Published

2022-11-18