Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching and Learning Berbasis Gamification terhadap Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8557Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Teaching and Learning berbasis Gamification terhadap minat belajar pada siswa materi IPS kelas V. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Sungai Selan dengan sampel kelas VA dan VB sebanyak 43 siswa yang diambil dengan teknik Random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk angket yang terdiri dari 20 soal yang mencakup pada materi IPS. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Data dianalisis dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 22. Analisis data hasil angket dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh pada minat belajar pada siswa materi IPS rata-rata kelas kontrol 22,8309 sedangkan pada pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning rata-rata nilai kelas ekperimen 60,4818. Berdasarkan data tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching and Larning efektif terhadap minat belajar siswa di SD 12 Sungai Selan.Downloads
Published
2022-11-18
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Firta Ayu Wahyuni, Maharani Oktavia, Ali Fakhrudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).