Validitas E-Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8516Abstract
Media pembelajaran memuat materi sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk mempermudah peserta didik. Salah satu media pembelajaran yaitu bahan ajar elektronik yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pembelajaran lebih interaktif, dan proses pembelajaran lebih fleksibel dan produktif. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan pendidik beralih dari penggunaan bahan ajar cetak menjadi bahan ajar elektronik, salah satunya berupa e-handout. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian yaitu dua orang dosen biologi Universitas Negeri Padang dan satu orang guru biologi SMA Negeri 3 Padang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dalam bentuk deskriptif yang mendeskripsikan validasi e-handout yang dikembangkan. Hasil validasi e-handout ini memiliki rata-rata sebesar 93,05% dengan kategori sangat valid. Dari hasil validasi dapat dikatakan bahwa e-handout berbasis kontekstual materi sistem reproduksi manusia untuk peserta didik memenuhi kategori sangat valid.Downloads
Published
2022-11-17
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yogi Nabilla Fitra, Sa’diatul Fuadiyah, Relsas Yogica, Ganda Hijrah Selaras
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).