Meta-Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Puzzle

Authors

  • Silvira Ilhami Universitas Negeri Padang
  • Rahmadhani Fitri Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati D Universitas Negeri Padang
  • Yusni Atifah Universitas Negeri Padang
  • Suci Fajrina Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8482

Abstract

Seorang guru harus bisa memilih media pembelajaran yang cocok diberikan ke peserta didik agar mudah dimengerti oleh peserta didik, serta mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Inovasi pembelajaran dapat memudahkan peserta didik mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan dan dikembangkan yaitu puzzle. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis praktikalitas penggunaan puzzle terhadap guru dan peserta didik. Praktikalitas merupakan kemudahan penggunaan produk yang dikembangkan. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dengan cara mencari artikel dari beberapa jurnal melalui internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel terkait penggunaan puzzle. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata tingkat praktikalitas penggunaan e-modul oleh guru sebesar 90,26 dengan kategori sangat praktis, sedangkan rerata tingkat praktikalitas oleh peserta didik sebesar 90,35 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis praktikalitas puzzle yang dikembangkan dapat dikategorikan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-21