Meta-Analisis Praktikalitas Media Pembelajaran Puzzle
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8482Abstract
Seorang guru harus bisa memilih media pembelajaran yang cocok diberikan ke peserta didik agar mudah dimengerti oleh peserta didik, serta mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Inovasi pembelajaran dapat memudahkan peserta didik mempelajari materi yang disampaikan oleh guru. Salah satu inovasi media pembelajaran yang dapat digunakan dan dikembangkan yaitu puzzle. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis praktikalitas penggunaan puzzle terhadap guru dan peserta didik. Praktikalitas merupakan kemudahan penggunaan produk yang dikembangkan. Meta-analisis dilakukan dengan mengumpulkan artikel sejenis dengan cara mencari artikel dari beberapa jurnal melalui internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 15 artikel terkait penggunaan puzzle. Hasil penelitian ditemukan bahwa rata-rata tingkat praktikalitas penggunaan e-modul oleh guru sebesar 90,26 dengan kategori sangat praktis, sedangkan rerata tingkat praktikalitas oleh peserta didik sebesar 90,35 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis praktikalitas puzzle yang dikembangkan dapat dikategorikan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-21
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Silvira Ilhami, Rahmadhani Fitri, Rahmawati D, Yusni Atifah, Suci Fajrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).