Studi Pendampingan Penerapan STEAM pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD N Blega 3 dan SD N Gedungan 1 Kab. Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8384Abstract
Pembelajaran tematik terpadu menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas studi pendampingan penerapan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian ekperimen semu. Desain penelitian adalah desain pre-test dan pos-test untuk satu kelompok sampel. Sampel dari penelitian ini adalah guru di SD N Blega 3 dan Gedungan 1 Kab. Bangkalan. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 10 guru. Kegiatan pendampingan penerapan STEAM pada pembelajaran tematik dilakukan melalui lima tahapan. Tahapan yang dilakukan mulai dari tahapan survey sampai evaluasi kegiatan pendampingan. Hasil pengujian menggunakan statistic non parametric uji Wilcoxon memperoleh nilai sebesar 0,015 dimana 0,015 lebih kecil dari < 0,05 maka ada perbedaan hasil nilai kemampuan guru menggunakan STEAM pre-test dan kemampuan guru menggunakan STEAM post-test sehingga dapat disimpulkan ada efektivitas peningkatan kemampuan guru selama studi pendampingan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu.Downloads
Published
2022-11-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dian Ika Kusumaningtyas, Setiya Yunus Saputra, Siti Fatimah Soenaryo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).