Studi Pendampingan Penerapan STEAM pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD N Blega 3 dan SD N Gedungan 1 Kab. Bangkalan

Authors

  • Dian Ika Kusumaningtyas Universitas Muhammadiyah Malang
  • Setiya Yunus Saputra Universitas Muhammadiyah Malang
  • Siti Fatimah Soenaryo Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8384

Abstract

Pembelajaran tematik terpadu menggunakan tema dalam mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas studi pendampingan penerapan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian ekperimen semu. Desain penelitian adalah desain pre-test dan pos-test untuk satu kelompok sampel. Sampel dari penelitian ini adalah guru di SD N Blega 3 dan Gedungan 1 Kab. Bangkalan. Jumlah sampel dari penelitian ini adalah 10 guru. Kegiatan pendampingan penerapan STEAM pada pembelajaran tematik dilakukan melalui lima tahapan. Tahapan yang dilakukan mulai dari tahapan survey sampai evaluasi kegiatan pendampingan. Hasil pengujian menggunakan statistic non parametric uji Wilcoxon memperoleh nilai sebesar 0,015 dimana 0,015 lebih kecil dari < 0,05 maka ada perbedaan hasil nilai kemampuan guru menggunakan STEAM pre-test dan kemampuan guru menggunakan STEAM post-test sehingga dapat disimpulkan ada efektivitas peningkatan kemampuan guru selama studi pendampingan STEAM pada pembelajaran tematik terpadu.

Downloads

Published

2022-11-29