Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8229Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Shoot Case Study. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian reward dan punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata angket motivasi pertemuan awal dan pertemuan akhir siswa yaitu untuk pertemuan awal sebesar 63,15 sedangkan pada pertemuan akhir sebesar 78,23. Berdasarkan selisih tersebut mengindikasikan bahwa motivasi belajar siswa setelah pemberian reward dan punishment memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini terbukti dengan hasil analisa data statistik “Uji t-Test” yaitu diperoleh nilai thitung (17,230) > ttabel (1.686). Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis awal diterima.Downloads
Published
2022-11-05
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Arief Aulia Rahman, Khausar Khausar, Nanang Riyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).