Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SD Negeri 95 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8043Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita di SD Negeri 95 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas II sebanyak 22 siswa dan guru kelas II. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, teknik tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 siswa terdapat 15 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang terjadi di SD Negeri 95 Palembang terbagi menjadi tiga jenis yaitu Kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam berhitung dan kesulitan dalam memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat belajar siswa, motivasi belajar, tidak fokus siswa, dan kesehatan tubuh. Faktor eksternal meliputi kurangnya variasi guru yaitu penggunaan media pembelajaran yang menarik pada saat mengajar dan lingkungan teman bermain, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat sekolah.Downloads
Published
2022-10-28
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).