Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Di SD Negeri 95 Palembang

Authors

  • Sonia Saffitri Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswdyanarko Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.8043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika dalam menyelesaikan soal cerita di SD Negeri 95 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas II sebanyak 22 siswa dan guru kelas II. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, teknik tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 siswa terdapat 15 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita matematika yang terjadi di SD Negeri 95 Palembang terbagi menjadi tiga jenis yaitu Kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam berhitung dan kesulitan dalam memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat belajar siswa, motivasi belajar, tidak fokus siswa, dan  kesehatan tubuh. Faktor eksternal meliputi kurangnya variasi guru yaitu penggunaan media pembelajaran yang menarik pada saat mengajar dan lingkungan teman bermain, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat sekolah.

Downloads

Published

2022-10-28