Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di Kelas XI Semester Ganjil SMK Farmasi YPFSU Medan

Authors

  • Lukman Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Hotmaida Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Sarma Uli Lumbangaol Universitas HKBP Nommensen
  • Putra Gelli Siringo-ringo Universitas HKBP Nommensen
  • Anisa Putri Roma Yana Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kompetensi Kepribadian Guru PKn dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di Kelas XII Farmasi YPFSU Medan. Jenis penelitian ini adalah diskriptif dan korelasional dengan populasi sebanyak 122 orang, dengan sampel penelitian sebanyak 25% dari setiap kelas yaitu berjumlah 30 orang (25% dari 122). Hasil uji kecenderungan tentang kompetensi kepribadian guru pkn adalah kategori sangat baik (53,33%), dan sikap demokratis peserta didik adalah kategori sangat baik (50%). Hasil analisis koefisien korelasi diperoleh rhitung=0,968 dengan menkonsultasikan terhadap nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden 30 orang, diperoleh rtabel=0,361 karena rhitung>rtabel (0,968>0,361) hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kompetensi kepribadian guru pkn dengan sikap demokratis peserta didik. Untuk menguji taraf signifikan hubungan kedua variabel tersebut dilanjutkan dengan uji “t”. Berdasarkan hasil uji t diperoleh harga thitung=20,48 dan ttabel=1,70 pada taraf signifikan 5% n=30 karena thitung>ttabel (20,48>1,70) hal ini menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru PKn dengan sikap demokratis peserta didik.

Downloads

Published

2022-10-24