Pedekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Negeri 1 Lais

Authors

  • Wahyuni Islamiyah Universitas PGRI Palembang
  • Ramtia Darma Putri Universitas PGRI Palembang
  • Syska Purnama Sari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7810

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini memiliki dampak positif dan negatif yang besar terhadap kehidupan manusia. Salah satu dampak negatif dimaksud adalah meningkatnya kecenderungan siswa menunda-nunda pekerjaan dengan melakukan kegiatan yang kurang bermanfaat di luar kegiatan akademik. Fenomena tersebut ditunjukkan dengan kebiasaan siswa yang menghabiskan waktu berjam-jam menonton televisi, mengakses jejaring sosial, bermain game online, dan mengakses situs-situs dewasa sebelum mereka belajar. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui tingkat prokrastinasi akademik siswa dan keefektifan pendekatan rational emotive behaviour therapy dalam menurunkan prokrastinasi akademik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Experimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kelas VII.1 sebanyak 15 siswa SMP Negeri 1 Lais, Musi Banyuasin Tahun Ajaran 2021/2022, yang memiliki kategori sedang pada skor prokrastinasi akademik. Analisis data yang digunakan adalah dengan wilcoxson signed rank test dengan bantuan aplikasi SPSS 16.

Downloads

Published

2022-10-22