Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI SMA

Authors

  • Rahmi Suci Nadira Universitas Negeri Padang
  • Zulyusri Zulyusri Universitas Negeri Padang
  • Helendra Helendra
  • Yusni Atifah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan mengidentifikasi kebutuhan peserta didik terhadap bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran yaitu lembar kerja peserta didik pada materi sistem pencernaan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah satu orang guru biologi kelas XI dan 36 orang peserta didik dari kelas XI IPA di SMA Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik. Hasil penelitian ini adalah (1) Bahan ajar yang sering digunakan dalam pembelajaran Biologi adalah lembar kerja peserta didik, (2) Bahan ajar yang digunakan peserta didik dianggap belum meranik bagi peserta didik, (3) Materi sistem pencernaan merupakan materi yang memiliki nilai ulangan harian yang di bawah KKM, (4) Peserta didik dan guru belum menggunakan LKPD dengan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). (5) LKPD berbasis STEM dapat meningkatkan keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication,and Collaboration). LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA dibutuhkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran serta mengasah keterampilan 4C peserta didik.

Downloads

Published

2022-10-27