Pengembangan Ensiklopedia Terintegrasi Nilai Pendidikan Karakter pada Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku untuk Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7521Abstract
Penelitian ini merupakan jenis research and development dengan model pengembangan ADDIE serta bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan mengetahui prosedur pembuatan produk ensiklopedia terintegrasi nilai pendidikan karakter. Subjek yang digunakan adalah 23 peserta didik kelas IV dari SDN Pagubugan 02. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Sedangkan instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli media dan ahli materi serta angket respon peserta didik. Hasil penelitian berupa produk ensiklopedia terintegrasi nilai pendidikan karakter pada tema indahnya keberagaman di negeriku untuk sekolah dasar. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 2,72 dengan kategori baik. Validasi dari ahli materi mendapatan skor 3,93 dan 3,88 dengan masing-masing memiliki kategori sangat baik. Hasil penilaian respon peserta didik pada uji lapangan berturut-turut adalah 3,55; 3,62; 3,66 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, ensiklopedia terintegrasi nilai pendidikan pada tema indahnya keberagaman di negeriku layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar khususnya kelas IV.Downloads
Published
2022-11-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Eva Lasfiani, Riawan Yudi Purwoko, Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).