Tingkat Penggunaan Teknologi Informasi dan Dampaknya pada Kreativitas Pembelajaran Guru-guru Sekolah Luar Biasa di Provinsi Sulawesi Utara Indonesia

Authors

  • Debie K. R. Kalalo Universitas Negeri Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penggunaan teknologi informasi dan dampaknya pada kreativitas pembelajaran guru-guru sekolah luar biasa di Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Metode ini dapat digunakan untuk mendeskripsikan, menginterpretasikan suatu fenomena. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diambil dari teori-teori terkait. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dari 335 guru SLB di Provinsi Sulawesi Utara hanya 263 orang guru yang menguasai IT, sementara sisanya 72 orang belum menguasai IT.  Usia guru SLB di Prov. Sulawesi Utara terbanyak berusia kurang dari 30 tahun dengan jumlah perempuan 57 orang dan laki-laki 21 orang. Sementara persentase usia diatas 55 tahun sebanyak 16 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Hal ini menjukkan bahwa usia guru tingkat pemahaman IT oleh guru yang berusia lebih muda lebih mendominasi dikarenakan mereka lahir dan tumbuh di tengah-tengah perkembangan IT secara global.

Downloads

Published

2022-10-14