Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Gaya melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7506Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi gaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peserta didik kelas IV di SD Negeri Rejosari. Pada hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Rejosari yaitu pada tahapan pra siklus keaktifan belajar peserta didik hanya mendapatkan 54% pada siklus I pertemuan pertama sebesar 57% dan pada pertemuan kedua sebesar 67%, sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 78% dan pada pertemuan kedua sebesar 94%. Selanjutnya untuk hasil belajar pada tahapan pra siklus sebesar 44%. Selanjutnya, pada tahapan siklus I hasil belajar tes siklus sebesar 54%. Sedangkan, pada tahapan siklus II hasil belajar tes siklus pada sebesar 86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPA materi tentang gaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Rejosari.Downloads
Published
2022-10-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Surya Dandi Pratama, Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).