Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Gaya melalui Model Kooperatif Tipe Jigsaw

Authors

  • Surya Dandi Pratama Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7506

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA materi gaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk peserta didik kelas IV di SD Negeri Rejosari. Pada hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IV di SD Negeri Rejosari yaitu pada tahapan pra siklus keaktifan belajar peserta didik hanya mendapatkan 54% pada siklus I pertemuan pertama sebesar 57% dan pada pertemuan kedua sebesar 67%, sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 78% dan pada pertemuan kedua sebesar 94%. Selanjutnya untuk hasil belajar pada tahapan pra siklus sebesar 44%. Selanjutnya, pada tahapan siklus I hasil belajar tes siklus sebesar 54%. Sedangkan, pada tahapan siklus II hasil belajar tes siklus pada sebesar 86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran IPA materi tentang gaya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di SD Negeri Rejosari.

Downloads

Published

2022-10-22