Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Hasil Laporan Wawancara Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7497Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil laporan wawancara kelas IV, 2) mendeskripsikan penyebab kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil laporan wawancara kelas IV. Subjek penelitian ini adalah hasil laporan wawancara peserta didik kelas IV SDN Pringgowijayan. Objek dari penelitian ini adalah pemakaian ejaan yang meliputi, pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Metode yang dipakai dalam peneliti yakni metode Agih, dengan menggunakan teknik lesap, ganti, dan sisip. Hasil penelitian ini meliputi, 1) kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Kedua, 2) penyebab kesalahan ejaan, faktor internal meliputi, peserta didik belum paham ejaan, membaca yang kurang lancar, dan masih terpengaruh bahasa daerah. Faktor eksternal meliputi, kurangnya motivasi dan kurangnya strategi dalam mengajar ejaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kesalahan ejaan bahasa Indonesia masih dilakukan oleh peserta didik kelas IV di SDN Pringgowijayan.Downloads
Published
2022-10-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Oktaviani, Arum Ratnaningsih, Rintis Rizkia Pangestika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).