Analisis Kesalahan Ejaan Bahasa Indonesia pada Hasil Laporan Wawancara Kelas IV Tema 3 Peduli terhadap Makhluk Hidup

Authors

  • Nurul Oktaviani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7497

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil laporan wawancara kelas IV, 2) mendeskripsikan penyebab kesalahan ejaan bahasa Indonesia pada hasil laporan wawancara kelas IV. Subjek penelitian ini adalah hasil laporan wawancara peserta didik kelas IV SDN Pringgowijayan. Objek dari penelitian ini adalah pemakaian ejaan yang meliputi, pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Metode yang dipakai dalam peneliti yakni metode Agih, dengan menggunakan teknik lesap, ganti, dan sisip. Hasil penelitian ini meliputi, 1) kesalahan pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca. Kedua, 2)  penyebab kesalahan ejaan, faktor internal meliputi, peserta didik belum paham ejaan, membaca yang kurang lancar, dan masih terpengaruh bahasa daerah. Faktor eksternal meliputi, kurangnya motivasi dan kurangnya strategi dalam mengajar ejaan.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kesalahan ejaan bahasa Indonesia masih dilakukan oleh peserta didik kelas IV di SDN Pringgowijayan.

Downloads

Published

2022-10-22