Pengembangan Media Apron Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Hidayah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.7267Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia dini dengan media apron berhitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Sampel subyek adalah kelompok B yang terdiri dari 30 anak PAUD Al Hidayah, 15 anak dari kelompok B1 dan 15 anak dari kelompok B2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan anecdotal note-taking. Instrumen yang digunakan adalah instrumen lembar observasi. Kemudian menganalisis data dengan menghitung uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney. Nilai posttest untuk kelompok eksperimen adalah 15,33 dan kelompok kontrol adalah 10,73. Hasil post-test kelompok kontrol dan eksperimen PAUD Al Hidayah memiliki nilai 0,000. Jika nilai yang dilaporkan kurang dari 0,05, ada perbedaan antara kontrol dan hasil posterior eksperimental. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa Paud al-Hidayah kelompok B dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media apron aritmatika.Downloads
Published
2022-10-06
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).