Efektivitas Model Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7245Abstract
Masalah urgent yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu menurunnya hasil belajar peserta didik, hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pembelajaran yang monoton sehingga peserta didik menjadi mudah bosan, guru yang kurang memberikan stimulus yang merangsang peserta didik untuk berpikir, dan proses pembelajaran yang bersifat teacher centered. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SQ3R untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode SLR (systematic literature review) dalam melakukan analisis terhadap bahan kajian yang digunakan. Data yang digunakan diperoleh dari artikel-artikel di jurnal elektronik, buku-buku yang membahas tentang model pembelajaran SQ3R, dan website-website pendidikan. Model pembelajaran SQ3R yaitu metode belajar yang mengembangkan kemampuan membaca dan memahami bacaan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan analisis terhadap sumber data dari penelitian ini bahwa proses pembelajaran dengan mengggunakan model pembelajaran SQ3R, bukan hanya dapat menaikkan persentase hasil belajar, tetapi juga persentase motivasi belajar, dan kemampuan berpikir kritis.Downloads
Published
2022-09-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).