Pengaruh Penggunaan Media Apron Hitung terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia Dini

Authors

  • Maulina Rahayu Universitas Bina Bangsa
  • Amat Hidayat Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7179

Abstract

Mengenal konsep bilangan sangat penting, karena secara tidak langsung berhubungan dengan kehidupan sehari-hari manusia. Dalam pengenalan konsep bilangan di kelompok B masih relatif kurang, yang ditandai dengan kurangnya kemampuan anak dalam menyebutkan bilangan secara urut, menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah benda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia dini melalui media apron hitung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, quasi Experimental. Adapun design eksperimen yang digunakan dalam penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Data tersebut kemudian di analisis menggunakan perhitungan uji hipotesis menggunakan uji mann whitney. Hasil posttest di kelompok eksperimen 15,33 dan kontrol 10,73. Hasil posttest kelompok kontrol dan eksperimen di TK Al-Khairiyah nilai sebesar 0,000. Nilai menyatakan lebih kecil dari 0,05, dapat dikatakan bahwa ada perbedaan antara hasil posttest kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa penggunaan media apron hitung dapat meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada kelompok B TK Al-Khairiyah.

Downloads

Published

2022-09-30