Pengaruh Usia dan Pendidikan terhadap Tingkat Pengetahuan Pendidikan Seks Anak Usia Dini pada Guru TK Aba se Kota Medan

Authors

  • Qaulan Raniyah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Evicenna Yuris Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7096

Abstract

Tingginya kasus kekerasan dan pelecehan seksual pada anak disetiap daerah karena minimnya pendidikan seks yang diajarkan kepada anak secara tepat. Guru harus memberikan pendidikan seks pada anak, namun masih banyak guru yang kurang memahami pendidikan seks seperti apa yang seharusnya diberikan pada anak sesuai dengan usianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengetahuan guru PAUD tentang pendidikan seks pada anak sehingga pendidikan seks tidak lagi menjadi hal yang tabu dan memalukan. Jenis penelitian ini adalah survei dengan mengumpulkan data responden melalui angket pada seluruh guru dari 42 TK ABA yang ada di Kota Medan. Analisis data menggunakan cross tab untuk melihat pertingkatannya pengaruh dependen sama independen dan regresi berganda dengan mengconvert data ordinal ke interval. Hasil penelitian menyatakan bahwa setiap usia guru memiliki kategori pengetahuan yang berbeda dan guru yang berlatar pendidikan sarjana pendidikan anak usia dini memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam pendidikan seks anak dibandingkan kategori pendidikan lainnya.

Downloads

Published

2022-09-30