Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Ekologi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Resvan Resvan Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dan model Pembelajaran terlangsung terhadap keterampilan menulis puisi siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu the matching pretest-postest design yang terdiri atas 2 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning secara signifikan berpengaruh positif dan lebih tinggi terhadap keterampilan menulis puisi dibandingkan dengan model pembelajaran terlangsung yang juga berpengaruh positif namun tidak lebih tinggi. Hasil tersebut terlihat bahwa skor rata-rata pretes dan postes kelas eksperimen masing-masing sebesar 70,80 dan 77,60 dengan rentang 6,8. Sementara kelas kontrol masing-masing memperoleh sebesar 62,00 dan 64,00 rentang sebesar 2,00. Selanjutnya data tersebut dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,019 artinya nilai tersebut lebih kecil dari taraf 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh positif dan lebih baik pada model Problem Based Learning karena sintaks model pembelajaran yang mudah dihafal dan sesuai dengan konteks Indonesia.

Downloads

Published

2022-09-27