Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Literasi Ekologi terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7069Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dan model Pembelajaran terlangsung terhadap keterampilan menulis puisi siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu the matching pretest-postest design yang terdiri atas 2 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning secara signifikan berpengaruh positif dan lebih tinggi terhadap keterampilan menulis puisi dibandingkan dengan model pembelajaran terlangsung yang juga berpengaruh positif namun tidak lebih tinggi. Hasil tersebut terlihat bahwa skor rata-rata pretes dan postes kelas eksperimen masing-masing sebesar 70,80 dan 77,60 dengan rentang 6,8. Sementara kelas kontrol masing-masing memperoleh sebesar 62,00 dan 64,00 rentang sebesar 2,00. Selanjutnya data tersebut dilakukan dengan uji-t dengan taraf signifikansi 0,019 artinya nilai tersebut lebih kecil dari taraf 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh positif dan lebih baik pada model Problem Based Learning karena sintaks model pembelajaran yang mudah dihafal dan sesuai dengan konteks Indonesia.Downloads
Published
2022-09-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).