Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.7040Abstract
Saat ini, pembelajaran biologi dilaksanakan sebagai pembelajaran yang bersifat konseptual, teoritis dan menghafal menggunakan buku. Peserta didik tidak dilatih menerapkan inkuiri ilmiah pada saat melaksanakan kegiatan eksperimen. Guru lebih menekankan pada aspek proses dan sikap ilmiah saja. Keterampilan proses sains pada peserta didik perlu dikembangkan, karena dalam mata pelajaran biologi hal ini sangat diperlukan sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan pembelajaran di dalam ranah ilmu pengetahuan alam. Untuk mengatasi hal tersebut, digunakanlah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains. Penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan. Sumber data dan informasi berasal dari jurnal nasional maupun internasional dan buku yang berkaitan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan keterampilan proses sains. Sehingga didapatkan hasil bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki pengaruh baik dalam peningkatan keterampilan proses sains pada peserta didik.Downloads
Published
2022-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Hasnah Putri SD, Rahmadhani Fitri, Rahmawati Darussyamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).