Meningkatkan Kemandirian melalui Metode Bercerita dengan Bantal Cerita di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6971Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui metode bercerita yang dapat meningkatkan kemandirian anak di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita dengan bantal cerita. Pada siklus I anak yang sudah berkembang masih 20-30%. Pada siklus II anak yang sudah berkembang rata-rata 50-60%. Sedangkan pada siklus III anak yang sudah berkembang mencapai 70-90% pada masing-masing aspek perkembangannya.Downloads
Published
2022-09-22
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).