Meningkatkan Kemandirian melalui Metode Bercerita dengan Bantal Cerita di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak

Authors

  • Siska Perdina Institut Agama Islam Negeri Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6971

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui metode bercerita yang dapat meningkatkan kemandirian anak di Taman Pengasuhan Anak Baiti Cendikia Pontianak. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengacu pada model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data wawancara selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari pra-intervensi, siklus I, siklus II dan siklus III. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita dengan bantal cerita. Pada siklus I anak yang sudah berkembang masih 20-30%. Pada siklus II anak yang sudah berkembang rata-rata 50-60%. Sedangkan pada siklus III anak yang sudah berkembang mencapai 70-90% pada masing-masing aspek perkembangannya.

Downloads

Published

2022-09-22