Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III SD Negeri Lengkong

Authors

  • Dhena Rismaya Universitas PGRI Semarang
  • Khusnul Fajriyah Universitas PGRI Semarang
  • Murniati Murniati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6970

Abstract

Berdasarkan hasil tes formatif pada pra siklus pada peserta didik kelas III SD Negeri Lengkong menunjukkan hasil belajar yang belum optimal. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangaan Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 3 SD Negeri Lengkong. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik kelas III pada pembelajaran tematik di SDN Lengkong Kabupaten Pati?”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan test formatif dengan instrument penelitian sesuai aspek yang dinilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik deskriptif kuantitatif dan Teknik deskriptif kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata peserta didik aspek kognitif pada pra siklus sebesar 47%, siklus I 66,6 % dan siklus II 86,6%.

Downloads

Published

2022-09-30