Cognition Level of Reading Test in Vocational High School: National Examination Academic Year 2014/2015 and 2015/2016

Authors

  • Elia Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen
  • Herman Herman Universitas HKBP Nommensen
  • Dumaris E. Silalahi Universitas HKBP Nommensen
  • Bloner Sinurat Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6951

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan Tes Tingkat Kognisi Membaca di Sekolah Menengah Kejuruan pada Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014/2015-2015/2016. Penelitian ini mencoba untuk menyelidiki apakah Menteri Pendidikan menerapkan enam tingkat kognisi dalam menyusun item tes membaca bahasa Inggris dan tingkat kognisi yang dominan diberikan dalam Ujian Nasional berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Tingkat kognisi dalam Taksonomi Bloom Revisi terdiri dari mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan sumber datanya dari naskah Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan dan dicari dari internet. Ada dua belas butir soal tes membaca pada tahun ajaran 2014/2015 dan sebelas butir soal tes membaca pada tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua tingkat kognisi yang diberikan, yaitu tingkat mengingat terdiri dari sembilan item tes (75%) dan tingkat pemahaman terdiri dari tiga item tes (25%).

Downloads

Published

2022-09-21