Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Problem Based Learning Berbantu Media Audiovisual pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6950Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan untuk mengingkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SDN Logandeng Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini karena hasil belajar peserta didik pada tes evaluasi pembelajaran, hanya 10 dari 24 peserta didik (41,67%) yang mencapai KKM dengan nilai 70. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus memuat 4 komponen yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 64,58 dengan persentase ketuntasan sebesar 41,67%. Meningkat pada siklus II menjadi 72,50 dengan persentase 70,83%. Kemudian pada siklus III sebesar 81,67 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantu media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SDN Logandeng Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-09-29
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ata Riskiana, Ika Septiana, Sugiman Sugiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).