Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Mengerjakan Soal PAS Matematika Kelas V SD Negeri Pandean Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Dwi Nur Aisyah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Supriyono Supriyono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Rintis Rizkia Pangestika Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6834

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis kesalahan peserta didik, penyebab kesalahan, serta solusi yang dapat dilakukan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yang fokus pada soal uraian PAS matematika kelas V SD tahun ajaran 2021/2022. Analisis berpedoman pada teori kesalahan Newman. Hasil penelitian yaitu uraian jenis kesalahan: (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan pemahaman, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Penyebab kesalahan: (1) tidak teliti serta tidak mampu memaknai kata yang disajikan pada soal, (2) terburu-buru menuliskan langkah diketahui dan ditanya, (3) tidak mampu memahami masalah, (4) ceroboh serta tidak mengetahui langkah selanjutnya, (5) tidak paham dan tidak mengecek kembali jawaban akhir. Solusi yang dapat dilakukan peserta didik untuk meminimalkan kesalahan adalah: (1) mempelajari kata dan simbol, (2) menuliskan informasi dengan lengkap, (3) mempelajari langkah perolehan rumus, (4) berlatih dan teliti saat mengerjakan soal, dan (5) mengecek kembali jawaban.

Downloads

Published

2022-09-30