Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Mengerjakan Soal PAS Matematika Kelas V SD Negeri Pandean Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6834Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis kesalahan peserta didik, penyebab kesalahan, serta solusi yang dapat dilakukan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif yang fokus pada soal uraian PAS matematika kelas V SD tahun ajaran 2021/2022. Analisis berpedoman pada teori kesalahan Newman. Hasil penelitian yaitu uraian jenis kesalahan: (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan pemahaman, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, dan (5) kesalahan penulisan jawaban. Penyebab kesalahan: (1) tidak teliti serta tidak mampu memaknai kata yang disajikan pada soal, (2) terburu-buru menuliskan langkah diketahui dan ditanya, (3) tidak mampu memahami masalah, (4) ceroboh serta tidak mengetahui langkah selanjutnya, (5) tidak paham dan tidak mengecek kembali jawaban akhir. Solusi yang dapat dilakukan peserta didik untuk meminimalkan kesalahan adalah: (1) mempelajari kata dan simbol, (2) menuliskan informasi dengan lengkap, (3) mempelajari langkah perolehan rumus, (4) berlatih dan teliti saat mengerjakan soal, dan (5) mengecek kembali jawaban.Downloads
Published
2022-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dwi Nur Aisyah, Supriyono Supriyono, Rintis Rizkia Pangestika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).