Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Imunitas dalam Upaya Mitigasi Bencana Covid-19 untuk Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6512Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa dalam belajar. LKPD mendapat kesempatan untuk memancing peserta didik agar terlibat aktif dengan materi yang dibahas, peserta didik harus dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan solusinya, model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah PBL dan bahan ajar berupa LKPD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berupa LKPD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah jenis pengembangan atau dikenal dengan Research and Development, dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di FMIPA UNP dan SMAN 4 Sungai Penuh. Validator produk ini terdiri dari 3 validator yaitu 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru mata pelajaran Biologi di SMAN 4 Sungai Penuh. Dari penelitian ini maka dihasilkan LKPD berbasis PBL pada materi sistem imunitas dalam upaya mitigasi bencana COVID-19 pada siswa SMA yang valid dengan rata-rata nilai validitas diperoleh 85,5%.Downloads
Published
2022-09-16
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shalsabila Maulida, Muhyiatul Fadilah, Ardi Ardi, Elsa Yuniarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).