Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Imunitas dalam Upaya Mitigasi Bencana Covid-19 untuk Kelas XI SMA

Authors

  • Shalsabila Maulida Universitas Negeri Padang
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang
  • Ardi Ardi Universitas Negeri Padang
  • Elsa Yuniarti Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6512

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa dalam belajar. LKPD mendapat kesempatan untuk memancing peserta didik agar terlibat aktif dengan materi yang dibahas, peserta didik harus dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan solusinya, model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah PBL dan bahan ajar berupa LKPD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berupa LKPD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah jenis pengembangan atau dikenal dengan  Research and Development, dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di FMIPA UNP dan SMAN 4 Sungai Penuh. Validator produk ini terdiri dari 3 validator yaitu 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru mata pelajaran Biologi di SMAN 4 Sungai Penuh. Dari penelitian ini maka dihasilkan LKPD berbasis PBL pada materi sistem imunitas dalam upaya mitigasi bencana COVID-19 pada siswa SMA yang valid dengan rata-rata nilai validitas diperoleh 85,5%.

Downloads

Published

2022-09-16