Perhatian Orangtua dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6387Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua (X1) dan minat belajar (X2) terhadap hasi belajar (Y) siswa kelas IV SDN 005 Gelora. Penelitian kuantitatif yang menganalisis data dengan alat statistik dalam bentuk angka-angka. Penelitian ini menggunkan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 76 responden, maka sampel penelitian ini juga sebanyak 76 sampel atau responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ttabel adalah nilai tabel distribusi t untuk taraf nyata 5% dengan derajat kepercayaan (df=n-2) = 76 dimana n adalah banyaknya responden, didapatkan ttabel =1,665. Untuk nilai Sig (X1) = 0,077 dan thitung = 1,791. Karena nilai Sig< 0,05 dan thitung>ttabel maka Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Perhatian Orang Tua ) terhadap variabel terikat Y (Hasil Belajar). Dari hasil pengujian regresi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas X1 (Perhatian Orang Tua) terhadap variabel terikat Y (Hasil Belajar).Downloads
Published
2022-08-27
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).