Validitas Media Presentasi Menggunakan Microsoft Sway Bermuatan Pendekatan Kontekstual tentang Materi Keanekaragaman Hayati
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6314Abstract
Media presentasi sudah banyak diketahui khususnya pada bidang pendidikan, semakin berkembangnya teknologi khususnya internet yang berkembang sangat cepat maka media pembelajaran berbasis web banyak sekali berkembang dan dapat digunakan, satu diantaranya adalah media presentasi microsoft sway.Tujuan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan media presentasi menggunakan microsoft sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi keanekaragaman hayati yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D), model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Namun penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap Develop. Pengambilan data penelitian ini adalah data primer berupa data yang didapat secara langsung melalui pemberian instrumen berupa angket validasi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil rata-rata nilai validasi sebesar 94,50% dengan kriteria sangat valid yang telah memenuhi aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafikaan. Maka dari itu disimpulkan, bahwa media presentasi menggunakan microsoft sway bermuatan pendekatan kontekstual tentang materi keanekaragaman hayati untuk peserta didik SMA yang dikembangkan dinyatakan valid.Downloads
Published
2022-09-04
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Selviza Selviza, Relsas Yogica, Ristiono Ristiono, Ganda Hijrah Selaras
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).