Validasi Pengembangan Booklet Bernuansa Konseptual tentang Materi Struktur dan Fungsi Organel Sel Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.6154Abstract
Peserta didik mudah mengingat materi yang bergambar dan berwarna dalam menjawab soal terkait dengan materi d an juga menyukai bahan ajar yang disajikan dalam bentuk buku kecil dan tidak tebal. Menurut peserta didik materi struktur dan fungsi organel sel termasuk materi sulit. Salah satu inovasi penting adalah pengembangan bahan ajar dalam bentuk booklet, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan booklet bernuansa konseptual tentang materi struktur dan fungsi organel sel untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan tiga tahap dari 4-D models, terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan produk booklet diukur berdasarkan validitas dan praktikalitas media. Booklet divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi SMAN 7 Padang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa media pembelajaran biologi berbentuk booklet. Hasil validasi diperoleh nilai rata-rata adalah 87,38%, kriteria sangat valid.Downloads
Published
2022-11-23
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Wega Deska Putry, Rahmawati Darussyamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).