Validasi Pengembangan Booklet Bernuansa Konseptual tentang Materi Struktur dan Fungsi Organel Sel Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA

Authors

  • Wega Deska Putry Universitas Negeri Padang
  • Rahmawati Darussyamsu Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.6154

Abstract

Peserta didik mudah mengingat materi yang bergambar dan berwarna dalam menjawab soal terkait dengan materi d an juga menyukai bahan ajar yang disajikan dalam bentuk buku kecil dan tidak tebal. Menurut peserta didik materi struktur dan fungsi organel sel termasuk materi sulit. Salah satu inovasi penting adalah pengembangan bahan ajar dalam bentuk booklet, maka peneliti melakukan penelitian pengembangan booklet bernuansa konseptual tentang materi struktur dan fungsi organel sel untuk peserta didik kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan tiga tahap dari 4-D models, terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kelayakan produk booklet diukur berdasarkan validitas dan praktikalitas media. Booklet divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru Biologi SMAN 7 Padang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan produk berupa media pembelajaran biologi berbentuk booklet. Hasil validasi diperoleh nilai rata-rata adalah 87,38%, kriteria sangat valid.

Downloads

Published

2022-11-23