Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Authors

  • Titi Iklina Universitas Negeri Padang
  • Muhyiatul Fadilah Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6031

Abstract

Untuk meningkatkan kreativitas peserta didik adalah memberikan informasi dan sumber belajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik dalam bentuk E-Modul. Sebuah E-Modul harus memiliki rancangan pembelajaran, dalam hal ini Project Based Learning (PjBL) telah terbukti untuk meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas dari E-modul berbasis PjBL yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan jenis peneltian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian dibatasi sampai pada tahapan pengembangan (development) sebab penelitian ini hanya untuk melihat validitas produk. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket penilaian oleh 2 orang dosen Biologi dan 2 orang guru SMAN 1 Payakumbuh. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan skala likert. Hasil validasi e-modul ini adalah memiliki rata-rata sebesar 90, 25%yang dikategorikan sebagai kategori sangat valid. Dari hasil validasi dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis PjBL tentang materi sistem imun kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik memenuhi kategori valid.

Downloads

Published

2022-08-13