Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6031Abstract
Untuk meningkatkan kreativitas peserta didik adalah memberikan informasi dan sumber belajar yang dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik dalam bentuk E-Modul. Sebuah E-Modul harus memiliki rancangan pembelajaran, dalam hal ini Project Based Learning (PjBL) telah terbukti untuk meningkatkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat validitas dari E-modul berbasis PjBL yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan jenis peneltian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian dibatasi sampai pada tahapan pengembangan (development) sebab penelitian ini hanya untuk melihat validitas produk. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi berupa angket penilaian oleh 2 orang dosen Biologi dan 2 orang guru SMAN 1 Payakumbuh. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan skala likert. Hasil validasi e-modul ini adalah memiliki rata-rata sebesar 90, 25%yang dikategorikan sebagai kategori sangat valid. Dari hasil validasi dapat dikatakan bahwa e-modul berbasis PjBL tentang materi sistem imun kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik memenuhi kategori valid.Downloads
Published
2022-08-13
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).