Validasi Isi Soal Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA tentang Materi Bioteknologi

Authors

  • Farah Azizah Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6016

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis permasalahan, membuat keputusan dan mengevaluasi suatu informasi yang relevan sehingga mendapatkan kesimpulan yang dapat dipertanggungjawabkan. Berpikir kritis dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Keterampilan berpikir kritis dapat diukur menggunakan instrument penilaian berupa soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validasi isi Soal Tes Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA tentang Materi Bioteknologi. Validasi isi pada soal tes berpikir kritis terdiri atas aspek konten ilmu, aspek konstruk, dan aspek bahasa.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif berdasarkan perhitungan Uji Gregory. Data validasi isi diperoleh dari dua ahli. Hasil validasi ahli dihitung menggunakan Uji Gregory didapatkan kesimpulan pada soal tes keterampilan berpikir kritis tentang materi bioteknologi adalah kategori validasi isi sangat tinggi dengan skor 0,92.

Downloads

Published

2022-08-28