Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah Bayan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5894Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep seperti materi bangun ruang untuk SD. Hal ini membutuhkan sumber belajar yang menyajikan kebudayaan di sekitar berupa etnomatematika dan disajikan dengan ilustrasi seperti ensiklopedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan ensiklopedia digital berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas V SD sesuai dengan proses pengembangan dan mengetahui kelayakannya. Penelitian menggunakan metode RnD dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian yaitu menghasilkan produk sesuai prosedur pengembangan dan hasil kelayakan dari ahli media diperoleh skor 93% dengan kategori sangat valid, ahli materi 92% dengan kategori sangat valid, hasil analisis respon peserta didik yaitu 95% dengan kategori sangat praktis serta hasil pemahaman konsep matematika menggunakan ketuntasan kelas memperoleh 91% kategori sangat tuntas. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia digital berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang kelas V SD layak digunakan sebagai sumber belajar di sekolah dasar.Downloads
Published
2022-09-05
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shella Fitri Wahyuni, Rintis Rizkia Pangestika, Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).