Validitas Booklet Digital Bioteknologi Terintegrasi Eco-Enzyme Sebagai Bahan Ajar Digital Kelas XII SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5892Abstract
Bioteknologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk untuk menghasilkan produk yang dapat digunakan oleh manusia. Materi bioteknologi disajikan oleh guru disekolah dengan menggunakan media pembelajaran yang tersedia. Menurut peserta didik, media pembelajaran yang digunakan sudah lengkap namun peserta didik masih sulit memahami materi karena penjelasan yang panjang. Peserta didik dan guru membutuhkan media tambahan yang dapat menyajikan gambar dalam bentuk audio visual sebagai penunjang dalam proses pembelajaran. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D dengan menerapkan 3 dari 4 tahap pengembangan 4D, yaitu define, design, dan develop. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang dosen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru Biologi SMA. Aspek yang dinilai pada uji validitas yaitu kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikaan. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa booklet digital yang dikembangkan mendapatkan nilai 95,59% dengan kriteria sangat valid. Dengan hasil tersebut, booklet digital bioteknologi terintegrasi Eco-Enzyme layak digunakan sebagai bahan ajar digital Biologi.Downloads
Published
2022-09-05
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tya Nurutami, Muhyiatul Fadilah, Rahmadhani Fitri, Siska Alicia Farma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).