Validitas Booklet Bernuansa Spiritual tentang Materi Protista sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5808Abstract
Peserta didik kesulitan memahami materi Protista dengan menggunakan bahan ajar dan media pembelajaran yang tersedia. Peserta didik dan guru membutuhkan suatu media sebagai penunjang bahan ajar dan media pembelajaran yang berisikan penjelasan lengkap secara ringkas, singkat dan jelas disertai gambar pendukung yang jelas. Media yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet yang digunakan sebagai suplemen bahan ajar Biologi pada materi Protista. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D dan hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru Biologi SMA. Penilaian pada uji validitas yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafikaan. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa booklet yang dikembangkan mendapatkan nilai 86,62% dengan kriteria sangat valid. Dengan hasil tersebut, booklet bernuansa spiritual materi Protista layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar Biologi kelas X SMA/MA.Downloads
Published
2022-08-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tirta Savira, Rahmawati Darussyamsu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).