Pengaruh Model Pembelajaran Scramble terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN 138 Palembang

Authors

  • Erlisa Wulansari Universitas PGRI Palembang
  • Hetilaniar Hetilaniar Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5781

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas III SDN 138 Palembang. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 138 Palembang pada tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental dengan design the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh kelas III SD Negeri 138  Palembang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas III.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas III.C sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari nilai rata-rata (posttest) kelas eksperimen 76 dan kelas kontrol 56,7. Dan untuk uji hipotesisnya menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai  thitung 2.991> ttabel 2.787 dengan  taraf signifikan (?) 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas III SDN 138 Palembang.

Downloads

Published

2022-07-31