Pengaruh Media Adobe Flash Cs6 Profesional terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 12 Air Kumbang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5744Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media Adobe Flash CS6 Profesional terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 12 Air Kumbang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentuk eksperimen semu (Quasi Experiment), desain yang digunakan adalah “Desain pretest-postest kontrol group design, dengan pemilihan kelompok yang diacak”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 12 Air Kumbang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttes. Bahwa pada bagian “Equal variances assumed” diketahui nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 atau juga dapat dilihat dari nilai thitung=5,115>1,67722 maka disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan juga dilihat dari nilai “Mean difference” adalah sebesar 20,417. Nilai ini menunjukan selisih antara rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol 78.7500-58.3333=20,417 dan selisih perbedaan tersebut adalah 12,382 sampai 28,452.Downloads
Published
2022-08-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Ikhsan Arisqy, Jayanti Jayanti, Ida Suryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).