Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5666Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Indonesia secara daring. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara.Selanjutnya semua data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran bahasa Indonesia secara daring dari perencanaan pembelajaran guru telah menyiapkan RPP, bahan ajar dan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan Whatsapp dan mengirimkan video pembelajaran ke Whatsapp Group, evaluasi pembelajaran guru memberikan pengayaan, tugas, dan memberikan motivasi belajar. Simpulan dari penelitian ini ialah proses pembelajaran bahasa Indonesia secara daring sudah terlaksana cukup baik guru telah menyiapkan dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.Downloads
Published
2022-09-17
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gustian Rifaldi, Erfan Ramadhani, Aldora Pratama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).