Pengaruh Metode Jarimatika Perkalian menggunakan Media Papet terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 1 Terusan Menang

Authors

  • Risma Nurjuliani Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Juliansyah Putra Universitas PGRI Palembang
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5653

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan, yakni Kemampuan berhitung perkalian siswa masih rendah, media dan metode yang digunakan hanya menggunakan media buku dan metode ceramah. Penelitian dan pengaruh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika menggunakan media papet terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 1 Terusan Menang dan untuk mengetahui metode jarimatika dan media papet sesuai dengan karakteristik siswa kelas rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan berjumlah 28 siswa dan sampel berjumlah 14 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian yang digunakan menggunakan uji t. Dengan demikian dapat disimpilkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh metode jarimatika menggunakan media papet terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD.

Downloads

Published

2022-07-25