Analisis Kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Tema 4 Kelas III terhadap Kurikulum 2013

Authors

  • Saripudin Sahri Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti Jayanti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5603

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Tema 4 Kelas III terhadap Kurikulum 2013, dengan menentukan kesesuaian Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Tujuan Pembelajaran, dan Materi pembelajaran. Metode penelitian penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menganalisis dokumen berupa Buku Guru dan Buku Siswa tema 4 kelas III dan Kurikulum 2013, analisis ini berpacu kepada keputusan Menti Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Hasil peneliti kesesuaian kompetensi dasar 30 sekor, indikator 20 sekor, tujuan pembelajaranan 20 sekor, dan materi sebesar 20 skor. Secara keseluruhan pada Buku Guru dan Buku Siswa tema 4 kelas III edisi revisi 2018 sebesar 90% Tetapi masih perlu adanya penambahan indikator, tujuan pembelajaran, serta materi pembelajaran di Buku Guru.

Downloads

Published

2022-07-31