Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5566Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pra-eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Sampel penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi, analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 53 setelah diberi perlakuan nilai posttest yaitu 81,9 mengalami peningkatan diperoleh thitung=10,842 dan ttabel=1,697 maka taraf signifikan 0,05 dengan pengujian hipotesis thitung > ttabel dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang.Downloads
Published
2022-08-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Resti Resti, Sukardi Sukardi, Nora Surmilasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).