Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Negeri 08 Palembang

Authors

  • Resti Resti Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis pra-eksperimen dengan bentuk desain one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 08 Palembang. Sampel penelitian ini yaitu seluruh kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan dokumentasi, analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yaitu 53 setelah diberi perlakuan nilai posttest yaitu 81,9 mengalami peningkatan diperoleh thitung=10,842 dan ttabel=1,697 maka taraf signifikan 0,05 dengan pengujian hipotesis thitung > ttabel dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran role playing terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 08 Palembang.

Downloads

Published

2022-08-11