Pengaruh Penggunaan Alat Peraga pada Materi Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5551Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga pada materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 31 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One-Grup Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes soal berupa uraian 5 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pretest (tes awal) pengetahuan siswa memiliki nilai rata-rata 58,18 dengan kategori kurang setelah diberikan perlakuan menggunakan alat peraga papan berpaku dengan bantuan metode demonstrasi. Hasil tes akhir (posttest) menunjukkan nilai rata-rata 74,32 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan. Diperoleh thitung 9,632 dan ttabel 1,720 dengan taraf signifikan ? =0,05, (thitung 9,632> ttabel 1,720) sesuia dengan kriteria pengujian hipotesis jika thitung >ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian ada pengaruh penggunaan alat peraga pada materi bangun datar terhadapa hasil belajar siswa di kelas IV.Downloads
Published
2022-08-19 — Updated on 2022-08-19
Versions
- 2022-08-19 (2)
- 2022-08-19 (1)
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tiara Novita, Destiniar Destiniar, Sunedi Sunedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).