Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Esteem Siswa SD
Pendekatan PMRI, Pemecahan Masalah Matematis, Self-Esteem
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5550Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem siswa SD Negeri 31 Palembang. Metode penelitian ini adalah ekperimen semu. Populasi penelitian yaitu dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 SD Negeri 31 Palembang. Sampel yang digunakan adalah kelas ekperimen V.a berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol V.b berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling. Rancangan perlakuan yaitu posttes only control design. Teknik pengambilan data berupa angket dan tes. Teknik pengumpulan data ialah Anava dua jalur dengan signifikat= 0,05. Hasil penelitian dilakukan terdapat pengaruh yang signifikat pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem. Terdapat interaksi yang signifikat antara dan pendekatan pembelajaran dan self-esteem terdapat kemampuan pemecahan masalah matematis.Downloads
Published
2022-08-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mentari Mentari, Nila Kesumawati, Treny Hera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).