Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Esteem Siswa SD

Pendekatan PMRI, Pemecahan Masalah Matematis, Self-Esteem

Authors

  • Mentari Mentari Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5550

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem siswa SD Negeri 31 Palembang. Metode penelitian ini adalah ekperimen semu. Populasi penelitian yaitu dari siswa kelas 1 sampai kelas 6 SD Negeri 31 Palembang. Sampel yang digunakan adalah kelas ekperimen V.a berjumlah 26 siswa dan kelas kontrol V.b berjumlah 25 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling. Rancangan perlakuan yaitu posttes only control design. Teknik pengambilan data berupa angket dan tes. Teknik pengumpulan data ialah Anava dua jalur dengan signifikat= 0,05. Hasil penelitian dilakukan terdapat pengaruh yang signifikat pendekatan PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikat kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self-esteem. Terdapat interaksi yang signifikat antara dan pendekatan pembelajaran dan self-esteem terdapat kemampuan pemecahan masalah matematis.

Downloads

Published

2022-08-11