Pengaruh Metode Show and Tell terhadap Keterampilan Berpidato dengan Tema Sumpah Pemuda Siswa Kelas V SDN Rejosari

Authors

  • Ganesa Marta Sasmita. HN Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Susanti Faipri Selegi Universitas PGRI Palembangv

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5549

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berpidato dengan tema sumpah pemuda siswa kelas V SDN Rejosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksprimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi yang di ambil adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan uji t dengan taraf signifikan ? = 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode show and tell terhadap keterampilan berpidato dengan tema sumpah pemuda siswa kelas V SDN Rejosari. Berdasarkan perhitungan hasil nilai rata-rata posttest lebih besar dibandingkan dengan hasil nilal rata-rata pretest. Dengan demikian metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berpidato siswa kelas V SDN Rejosari.

Downloads

Published

2022-08-19