Standar Isi Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia

Authors

  • Sherly Anggraini Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Era Pazira Putri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Fitri Ajeli Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Ramdhan Witarsa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5518

Abstract

Artikel ini menganalisis kebijakan dan pengelolaan pendidikan mengenai standar isi di sekolah dasar berdasarkan Permen No 21 Tahun 2016 mengenai standar isi di SD. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui kajian pustaka. Standar isi ialah suatu ruang lingkup materi yang menyediakan pengalaman bagi pesertadidik untuk belajar guna memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan Tujuan dijabarkan secara universal sebagai sasaran agar tujuan pendidikan yang ditetapkan distandar isi sesuai dengan kenyataan yang terjadi dilapangan. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan (library Research). Standar pendidikan di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan baik dalam jangka waktu dekat maupun waktu dekat. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan dan penentuan standar pendidikan di Indonesia belum benar-benar matang dikeluarkan, dilihat banyaknya standar pendidikan yang tidak terlaksanakan dikarena perubahan yang sering kali terjadi. standar pendidikan di Indonesia dinyatakan efektik apabila pendidikan dapat menghasilkan generasi bangsa yang sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang.

Downloads

Published

2022-07-20