Analisis Faktor Pendukung Siswa Berprestasi Kelas V SD di SD Negeri 87 Palembang

Authors

  • Bella Hestiandari Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5475

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan secara ilmiah tentang faktor-faktor internal dan eksternal tentang faktor pendukung siswa berprestasi di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti melihat faktor pendukung siswa yang ada pada kelas Va, Vb, dan Vc yang mendapatkan peringkat 1. Penelitian dilakukan berdasarkan fakta di lapangan dan kemudian dijabarkan menjadi sebuah teori. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif dan ditulis dalam bentuk narasi untuk mengetahui tentang apa yang terjadi dalam peristiwa yang dilaporkan. Tujuan untuk membantu pembaca mengetahui peristiwa yang terjadi di penelitian.  Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 87 Palembang tahun 2022. Hasil penelitian yaitu adanya faktor pendukung siswa berprestasi yang dilakukan di kelas Va, Vb, dan Vc yang mendapatkan pringkat 1 di SD Negeri 87 Palembang. Hal ini dibuktikan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada guru, siswa dan orang tua siswa.

Downloads

Published

2022-07-25