The Effect of Using Comic in Teaching Writing Descriptive Text at the Tenth Grade of SMA Methodist Berastagi

Authors

  • Sondang Manik Universitas HKBP Nommensen
  • Lastri Wahyuni Manurung Universitas HKBP Nommensen
  • Efendi Barus Universitas Islam Sumatera Utara
  • Immanuel Padang SMA Methodist Berastagi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v3i3.5127

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh penggunaan komik dalam pengajaran teks deskriptif. penelitian ini dilakukan dalam desain eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Methodist Berastagi. Sampel penelitian ini berjumlah empat puluh siswa kelas X SMA. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok secara acak yaitu Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol. Kelompok Eksperimen diajar dengan menggunakan komik. Komik merupakan media pembelajaran yang bertujuan untuk membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran bahasa dengan memberikan materi dan siswa memecahkannya dengan cara dipresentasikan. Instrumen pengumpulan data berupa tes teks deskriptif tertulis. perhitungan menunjukkan bahwa t-hitung (6,00) lebih tinggi dari t-tabel (2,024) pada tingkat pengaruh signifikan penggunaan komik dalam teks deskriptif menulis siswa. Jadi, disarankan bagi Guru untuk menggunakan komik dalam pengajaran menulis teks Deskriptif.

Downloads

Published

2022-06-30