Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharmawanita Pasar Usang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.509Keywords:
Permainan Kartu Angka, Kemampuan BerhitungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan kartu angka pada anak kelompok B1 TK Dharmawanita Pasar Usang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 24 orang anak. Objek penelitian adalah kemampuan berhitung. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka. Hasil observasi pra tindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan hanya 7 orang atau 30%. Pada siklus I meningkat menjadi 12 orang atau 50%. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau 75%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah guru mempersiapkan media yang menarik berupa kartu angka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B TK Dharmawanita Pasar Usang.References
Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Alwi Hasan, dkk. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Depdikbud
Arikunto Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi
Aksara
Conny R Semiawan. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta
Depdiknas. 2009. Kurikulum Permen 58. Jakarta : Direktorat Pendidikan
Dasar
Fadlillah. 2017. Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana
Fauziddin Mohammad. 2015. Pembelajaran PAUD. Bandung:
Rosdakarya.
Gunarti. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta:
Bumi Aksara
Hamzah, B. Uno. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara
Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka: Jakarta
Nurani. 2012. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: PT Indeks
Pratiwi Ema. 2015. Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat
Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak.
Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran
untuk Pendidikan Berkemajuan†FKIP Universitas Muhammadiyah
Ponorogo. 7 november 2015
Tadkirotun. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang: Universitas Terbuka.