Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Dharmawanita Pasar Usang

Authors

  • Yurda Yurda Tk Dharmawanita

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.509

Keywords:

Permainan Kartu Angka, Kemampuan Berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan kartu angka pada anak kelompok B1 TK Dharmawanita Pasar Usang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 yang berjumlah 24 orang anak. Objek penelitian adalah kemampuan berhitung. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka. Hasil observasi pra tindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan hanya 7 orang atau 30%. Pada siklus I meningkat menjadi 12 orang atau 50%. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 18 orang atau 75%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak adalah guru mempersiapkan media yang menarik berupa kartu angka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B TK Dharmawanita Pasar Usang.

References

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Alwi Hasan, dkk. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Depdikbud

Arikunto Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi

Aksara

Conny R Semiawan. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Indeks: Jakarta

Depdiknas. 2009. Kurikulum Permen 58. Jakarta : Direktorat Pendidikan

Dasar

Fadlillah. 2017. Bermain dan Permainan. Jakarta: Kencana

Fauziddin Mohammad. 2015. Pembelajaran PAUD. Bandung:

Rosdakarya.

Gunarti. 2008. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta:

Bumi Aksara

Hamzah, B. Uno. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.

Jakarta: Bumi Aksara

Montolalu. 2007. Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka: Jakarta

Nurani. 2012. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: PT Indeks

Pratiwi Ema. 2015. Calistung Bagi Anak Usia Dini Antara Manfaat

Akademik dan Resiko Menghambat Kecerdasan Mental Anak.

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran

untuk Pendidikan Berkemajuan†FKIP Universitas Muhammadiyah

Ponorogo. 7 november 2015

Tadkirotun. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-02-18